• Goa Gajah

    Peninggalan yang ada di dalam Goa seperti patung Ganesha, Trilingga dan tulisan kadiri kwadrat pada dinding sebelah timur pintu masuk yang berbentuk segi empat juga bisa ditemukan di candi padas gunung Kawi, tipe tulisan ini diperkirakan berasal dari abad ke- 11, berdasar bukti ini diperkirakan mulai abad ke- 11 Goa Gajah sudah menjadi tempat kegiatan agama Siwa.

    Relief yang ada di dinding muka Goa Gajah adalah pahatan yang menyerupai alam pegunungan dengan berbagai pepohonan dan binatang ini menandakan dulu di daerah ini adalah daerah hutan.

    Di atas lubang goa dihiasi pahatan kala yang berfungsi untuk menjaga kesucian dan memberi perlindungan tempat pertapaan tersebut.

    Di dalam Goa Gajah terdapat 13 ceruk, 4 ceruk berada di lorong masuk dan sisanya berada di dalam goa, yang berfungsi untuk menaruh arca dan alat alat ritual. Arca Ganesha terletak di ceruk sebelah barat dan arca Trilingga terletak diceruk sebelah timur.

    Di bagian luar goa terdapat kolam yang ditemukan tahun 1954 oleh dinas purbakala karena sebelumnya tertimbun tanah,  dengan pancuran yang merupakan tempat untuk mengambil air suci untuk keperluan upacara.
    Dan arca arca yang terdapat di pancuran adalah arca bidadari yang diperkirakan jumlah sebenarnya 7, tetapi hanya ditemukan 5 buah. Arca itu terbagi dalam 2 kelompok yang masing masing berjejer 3 buah dan satu di tengah tidak ada.
    Pada saat ini Goa Gajah menjadi sebuah pura yaitu pura Goa Gajah yang diayomi oleh masyarakat setempat.

    Fasilitas objek wisata Goa Gajah :
    Jam buka 9:00 am tutup 17:00 pm.
    Ada tempat parkir.
    Disebelah selatan tempat parkir sampai ke barat dekat tempat ticket entry ada banyak toko toko penjual souvenir.
    Ada toilet.

    sumber :http://www.rbelltour.com/
  • You might also like

www.baliholidaymandiritour.com. Powered by Blogger.
Subscribe Via Email

Sign up for our newsletter, and well send you news and tutorials on web design, coding, business, and more! You'll also receive these great gifts: